Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Antisipasi Harga, Pemkab Sergai Siapkan 3 Titik Pasar Murah

Antisipasi Harga, Pemkab Sergai Siapkan 3 Titik Pasar Murah

Sergai, suarasumut.com – Guna menjaga stabilitas ketersediaan barang dan harga serta membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok selama bulan Ramadan. Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar pasar murah di tiga wilayah kecamatan. Salah satu titik utama digelarnya pasar tersebut di Kecamatan Sei Rampah tepatnya berada di Lapangan Bola Kaki Erry Soekirman Desa Firdaus, Selasa (15/7).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat meninjau langsung pembukaan kegiatan pasar murah tersebut mengatakan Pemkab Sergai sengaja melaksanakan kegiatan operasi pasar murah tersebut untuk membantu masyarakat yang kesulitan menjangkau harga bahan sembilan bahan pokok (sembako) yang melonjak tajam di atas nilai harga standar dalam bulan Ramadhan, jelas Bupati Soekirman.

Turut hadir mendampingi Bupati Ir. H. Soekirman dalam acara tersebut jajaran FKPD Sergai, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Asisten Ekbangsos Drs. H. Hadi Winarno, MM, para Staf Ahli Bupati, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Pasar (Perindagsar) Drs. Rifai Bakri Tanjung, M.AP, para Kepala SKPD, Camat Sei Rampah Drs. Fajar Simbolon dan jajaran Kades Kecamatan Sei Rampah.Lalu diutarakan Bupati Soekirman bahwa kegiatan pasar murah di sejumlah wilayah Kabupaten Sergai ini merupakan program pemerintah daerah yang rutin digelar setiap tahun.

Kondisi kenaikan harga sembako diakibatkan sentimen pasar menjadi negatif terutama memasuki bulan ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri karena kebutuhan yang meningkat untuk pemenuhan konsumsi masyarakat.

ketersediaan dan harga bahan-bahan pokok akan terus dilakukan evaluasi dan pemantuan serta dilakukan pengendalian oleh Dinas Perindagsar Pemkab Sergai dengan melalui beberapa langkah, diantaranya dilaksanakan kegiatan pasar maupun gelar pasar murah.Dijelaskan lebih lanjut Bupati Soekirman bahwa dalam operasi pasar ini selain harga yang dijual relatif murah masyarakat pun dapat menikmati barang sembako yang dijual juga berkualitas.

Diantara paket bahan sembako yang dijual pada pasar murah tersebut seperti beras, tepung terigu, minyak goreng kemasan, gula, sirup dan margarin. Untuk itu diharapkan Bupati Soekirman kepada kalangan masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan pasar murah dengan sebaik-baiknya, berbelanja secara tertib dan teratur. Sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar dan tidak membeli barang secara berlebihan namun sesuai kebutuhan.

Sementara itu Kadis Perindagsar Drs. H. Rifai Bakri Tanjung, M.AP menjelaskan menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, Disperindagsar telah menyiapkan berbagai kegiatan, salah satunya mengadakan pasar murah. Pelaksanaan pasar murah ini diselenggarakan selama tiga hari di titik pasar berbeda yang diawali di Kecamatan Sei Rampah kemudian Kecamatan Perbaungan dan Kecamatan Pantai Cermin.Usai meninjau kegiatan pasar murah di Kecamatan Sei Rampah, pada hari yang sama Bupati Ir. H. Soekirman juga melakukan pemantuan harga kebutuhan pokok di areal pasar tradisional Kelurahan Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (15/7).

Dari pantauan yang dilakukan Bupati Soekirman beserta jajaran FKPD, para Kepala SKPD, Camat Dolok Masihul Drs. Dimas Kurnianto AP dan jajarannya diketahui bahwa sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Pekan Dolok Masihul harga sejumlah bahan kebutuhan pokok terutama jenis sayuran maupun harga daging selama bulan Ramadhan ini masih stabil dan belum mengalami kenaikan.

Menurut salah seorang pedagang sayuran bernama Ade, harga bahan pokok dipasar Pekan Dolok Masihul biasanya mengalami kenaikan dalam satu pekan terakhir dikarenakan stok di pihak petani sudah mulai berkurang seperti biasa terjadi hampir setiap tahunnya mendekati Hari Raya Idul Fitri.Selain melakukan kegiatan operasi pasar juga, Pemkab Sergai juga melakukan razia makanan kadaluwarsa dan tidak layak konsumsi. Hal ini untuk mengantisipasi beredarannya makanan kadaluarsa menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dari pantauan razia makanan tidak ditemukan makanan yang kadaluwarsa dan tidak layak konsumsi, ujar Bupati Ir. H. Soekirman.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Tokoh Lintas Agama Diajak Untuk Menjaga Kamtibmas

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Seluruh tokoh lintas agama yang ada di Kepulauan Nias diajak ikut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.