Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Anjangsana Imlek 2566 Pemkab Sergai, Perkokoh Rasa Kebersamaan Dalam Kehidupan Multikultural

Anjangsana Imlek 2566 Pemkab Sergai, Perkokoh Rasa Kebersamaan Dalam Kehidupan Multikultural

Sergai, suarasumut.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama ribuan masyarakat Tionghoa Sergai merayakan Tahun Baru Imlek 2566. Acara yang dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai dan tari-tarian etnis Tionghoa tersebut dipusatkan di obyek wisata bahari Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Jum’at malam (13/2).

Perayaan tahun baru Imlek bukan hanya milik masyarakat Tionghoa saja, namun sudah menjadi bagian dari Pesta Rakyat dan Budaya Bangsa Indonesia. Kenyataan ini patut kita syukuri, selain sebagai bentuk pengakuan, penghargaan dan penghormatan kepada etsnis Tionghoa, sekaligus juga menjadi bagian terpadu dari mozaik keragaman etnis dan budaya bangsa kita yang majemuk.

Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada Anjangsana Imlek 2566 yang turut dihadiri Kapolres Sergai AKBP Guntur Agung Supono S.IK, M.Si, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Anggota DPRD Sergai Meryanto (Asom), Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sergai Budi SE, Pembina Yayasan Sehati Pantai Cermin, Pembina Yayasan Sosial Muara Sutra Sei Rampah, Pembina Yayasan Setia Dharma Bakti Perbaungan, Perwakilan FKUB Sergai, para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Sergai, pengusaha tionghoa Sergai serta ribuan undangan.

Lebih lanjut, Bupati Soekirman mengatakan bahwa perayaan yang digelar dengan nuansa kekeluargaan ini merupakan wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan di atas segala perbedaan yang ada. Masyarakat Tionghoa saat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang telah menjadi salah satu penopang pilar-pilar pembangunan di Kabupaten Sergai ini, ujar Bupati Soekirman.

Keberadaan masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sergai yang dapat hidup damai berdampingan dengan suku dan etnis lainnya merupakan gambaran kokohnya rasa kebersamaan kita dalam kehidupan yang multikultural. Hal ini agar selalu menjadi kesadaran bersama untuk saling menghormati dan menerima perbedaan yang ada untuk memperkuat dan memperkokoh persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa.

Diakhir sambutannya Soekirman berpesan kepada seluruh masyarakat Sergai khususnya masyarakat Tionghoa untuk membantu Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan percepatan pengentasan kemiskinan demi kemajuan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini, pungkas Soekirman.

Sebelumnya, Ketua Panitia Budi, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang selalu aktif menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Hal ini membuktikan bahwa Pemkab Sergai selalu menjaga tali silaturrahmi dengan masyarakat yang majemuk agar dapat hidup berdampingan dengan rukun dalam suasana yang kondusif. Untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat Tionghoa Sergai turut berperan serta dan mendukung program pemerintah demi kemakmuran dan kemajuan masyarakat daerah ini, harap Budi.

Sedangkan mewakili masyarakat etnis Tionghoa, Anggota DPRD Meryanto yang akrab disapa Asom menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah menyelenggarakan acara ini. Ini merupakan wujud nyata bahwa kerukunan umat beragama telah berjalan dengan baik dan kesemuanya ini tidak terlepas dari suksesi kepemimpinan Bupati Ir. H. Soekirman.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi atas berlanjutnya keharmonisan antar umat beragama di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini dibawah kepemimpinan beliau,”ujar Meryanto.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...