Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Aneh! 2 Minggu Salinan Putusan Perkara Monalisa Belum Tuntas Diperiksa Hakim

Aneh! 2 Minggu Salinan Putusan Perkara Monalisa Belum Tuntas Diperiksa Hakim

Rantauprapat, suarasumut.com – Sekalipun putusan perkara terdakwa Monalisa Nasution telah diucapkan oleh Majelis Hakim, Armansyah Siregar SH MH, Jhonson FE Sirait SH, dan Mince S Ginting SH sejak 13 Mei 2015, namun hingga kini salinan putusan belum tuntas diperiksa. Tak pelak, Panitera Pengganti, Samsudin belum dapat memberikan soft copy salinan putusan tersebut kepada operator pengelola website Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

Informasi yang dihimpun suarasumut.com hingga Kamis (28/5), untuk perkara yang mendapatkan perhatian public, salinan putusan sudah dapat diambil oleh para pihak pada hari pengucapan putusan telah dilaksanakan. Hal tersebut dikatakan Hakim Fitriadi SH yang ditemui diruang kerjanya kemarin. “Kalau perkaranya mendapat perhatian masyarakat, salinan sudah dapat diambil pada hari itu juga setelah putusan diucapkan,” kata Fitriadi saat ditanya terkait salinan putusan perkara penganiayaan yang saat itu baru diputuskan Majelis Hakim yang dipimpinnya.

Berdasarkan penelusuran di website PN Rantauprapat, perkara pidana khusus tenang narkotika Nomor 169 /Pid.Sus/2015/PN Rap yang diputus pada tanggal 21 mei 2015, oleh R Aji Suryo SH MH, sebagai hakim ketua, Dharma P Simbolon SH dan M Iqbal FJ Purba SH MH masing selaku hakim anggota telah diupload pada tanggal 26 Mei 2015. Anehnya, perkara Monalisa Nasution nomor 156/Pid/B/2015/PN.RAP belum juga diupload oleh operator.

Panitera Pengganti, Samsudin yang dikonfirmasi di ruang kerjanya mengaku, hakim yang menangani perkara terdakwa Monalisa Nasution baru menyelesaikan pemeriksaan salinan putusan. Menurut dia, salinana putusan tersebut sudah dapat didowload setelah operator mengupload soft copy putusan tersebut. “Barus semalam (kemarin,red) selesai diperiksa. Inilah salinannya dan mau dimasukan (diupload,red),” kata Samsuddin singkat. Dimana, sesuai keterangannya 3 hari yang lalu, Hakim yang menangani perkara terdakwa Monalisa Nasution belum selesai memeriksa putusan.

Tentunya, jawaban Samsuddin ini sangat berbeda dengan keterangan Armansyah Siregar selaku Hakim Ketua yang memeriksa perkara terdakwa Monalisa Nasution. Menurut Armansyah Siregar, salinan putusan perkara terdakwa Monalisa Nasution sudah lama selesai diperiksa. “Sudah. Nanti saya kasi tau paniteranya,” jawab Armasyah Siregar kemarin saat disebutkan, Panitera Pengganti, Samsuddin menyebutkan salinan putusan belum selesai diperiksa sehingga belum diupload di website PN Rantauprapat. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...