Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Aksi Demo, GERAMMB Desak Mundur Ketua DPRD Labuhanbatu

Aksi Demo, GERAMMB Desak Mundur Ketua DPRD Labuhanbatu

Rantauprapat, suarasumut.com – Kelompok masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat dan Mahasiswa Bersatu kembali menggelar aksi unjuk rasa di jalan Simpang Enam inti Kota Rantauprapat, Kamis, (26/3) siang.

Mereka mendesak Ketua DPRD Labuhanbatu, Dahlan Bukhori bertanggung jawab dan mengundurkan diri dari jabatanya sebagai pimpinan dewan,karena dalam kebijakannya memanggil 6 (enam) perusahaan perkebunan swasta kelapa sawit.

Pemanggilan diduga tanpa melaui pertimbangan dan melibatkan komisi-komisi terkait, untuk rapat dengar pendapat (RDP) membahas program intensifikasi peningkatan (PAD), pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Penghasilan (PPh) maupun Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) pada bulan Pebruari 2015 yang lalu.

“Ketua DPRD Labuhanbatu, Dahlan Bukhori diduga kuat melanggar sumpah/janji dan kode etik, sebagaimana yang diatur UU No. 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, serta telah melanggar PP No.16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD, sehingga telah mencoreng lembaga ini,”teriak pengunjuk rasa.

Dari pantauan, dalam aksi unjuk rasa sempat terjadi ketegangan. Ketegangan bermula ketika mahasiswa yang melakukan aksi sempat membakar ban bekas diinti Kota Rantauprapat. Sejumlah petugas kepolisian berpakaian preman dengan sigap memadamkan api dan mengamankan seorang peserta aksi yang diketahui bernama Sabaruddin Pohan ke Mapolres Labuhanbatu.

Tindakan tersebut sempat memicu para mahasiswa untuk berorasi didepan Polres , hingga menyebabkan kemacetan disepanjang Jalan Ahmad Yani-Rantauprapat, dan ketegangan mereda setelah petugas kepolisian berhasil membujuk mahasiswa agar melakukan unjuk rasa dengan damai.

Sebelumnya, Ketua BKD DPRD Labuhanbatu, Mara Abidin Hasibuan berjanji menuntaskan kasus dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Pimpinan Dewan Dahlan Bukhori.

“Kami akan memproses laporan itu, diharapkan agar bersabar. Senin, masalah ini diagendakan dalam rapat BKD untuk menentukan sikap apa yang diputuskan, selanjutnya, beberapa hari kedepan akan melakukan rapat dengan fraksi-fraksi dan secepatnya akan membentuk kelompok kerja (pokja),”ujar Mara.(ao/ss/rp)

Kata kunci terkait:
demo di dprd labuhanbatu, sekelompok mahasiswa demo DPRD LABUHANBATU

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...