Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Internasional ›› Akhir 2013, Roket Antariksa China Akan Mendarat di Bulan
Ilustrasi Luar Angkasa

Akhir 2013, Roket Antariksa China Akan Mendarat di Bulan

Ilustrasi Luar Angkasa
Ilustrasi Luar Angkasa

China akan mengirimkan roket untuk mendarat di Bulan pada akhir tahun 2013. Rencana tersebut diungkapkan oleh State Administration of Science, Technology and Industry for National Defence, China.

Menurut informasi yang dipublikasikan kantor berita Xinhua, perencanaan dan konstruksi Chang’e-3, sebuah misi dengan pesawat tak berawak, telah selesai. Secara resmi proyek tersebut kini sudah memasuki “fase implementasi peluncuran”.

Kantor berita tersebut melaporkan, Chang’e-3 akan diluncurkan pada akhir tahun ini, seraya mengungkapkan bahwa mereka akan melihat pesawat pengorbit milik China mendarat di Bulan untuk pertama kalinya, setelah menggunakan teknik yang masih dirahasiakan untuk memperlambat kecepatan pesawat tersebut.

Dalam mitologi China, Chang’e merupakan seorang wanita yang tinggal di sebuah istana di Bulan. Program antariksa China sendiri dioperasikan oleh angkatan bersenjata setempat.

Oleh Beijing, program ruang angkasa bernilai miliaran dollar tersebut dilihat sebagai tonggak bagi meningkatnya status China di percaturan global, bukti kemampuan teknis, dan keberhasilan partai komunis mengubah nasib negeri yang sebelumnya terbelit kemiskinan.

Gaung dari proyek luar angkasa ini sendiri sangat digencarkan di dalam negeri. Juni lalu, Presiden Xi Jinping sendiri menghadiri peluncuran Shenzhou-10, misi antariksa pertama China yang mengirimkan manusia ke luar angkasa.

Sejauh ini, kemampuan China dalam teknologi antariksa memang masih jauh tertinggal dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Rusia. Meski demikian, negeri itu menargetkan pembangunan stasiun ruang angkasa yang mengelilingi Bumi pada tahun 2020 mendatang dan mengirimkan manusia ke Bulan sebagai target berikutnya.

Manusia yang kali terakhir berjalan di satelit alami Planet Bumi tersebut adalah Eugene Cernan, komandan pesawat ulang alik Apollo 17, pada tahun 1972. (National Geographic Indonesia)

Lihat Juga

Sampoerna University Jalin Kerjasama Dengan University Of Arizona

Jakarta | suarasumut.com  –  Menyadari pentingnya mengembangkan kurikulum terbaik untuk dapat menghasilkan para lulusan berkualitas ...