Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Akademisi STIE Usulkan Agar Pemko Sibolga Utamakan Konsumsi Produk Lokal

Akademisi STIE Usulkan Agar Pemko Sibolga Utamakan Konsumsi Produk Lokal

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tapanuli Tengah, Sapli Pohan mengusulkan agar Pemko Sibolga lebih mengutamakan mengkonsumsi produk-produk lokal.

“Mengapa tidak dibijaksanakan agar instansi diwajibkan mengkonsumsi produk usaha ini?” kata Sapli dalam Dialog bertajuk Ekonomi yang digawangi IWO Sibolga Tapteng, Jumat (23/3) malam.

Sebelumnya Sapli mengapresiasi upaya Pemko untuk mendorong distribusi produk-produk lokal dari UMKM yang disebut mencapai 11 ribu dan menyerap sebanyak 20.569 tenaga kerja. Kendati ia juga mengingatkan agar UMKM yang kini sudah bertumbuh terus dijaga, diantaranya dengan memprioritaskan sektor distribusi dan penyaluran hasil produk.

“Ini perlu dibantu, upaya bantuan pemerintah sangat intensfif, dan prosuk ini yang diinginkan, bagaimana UMKM menghadapi persaingan. UMKM ini perlu dilindungi, masalahnya produknya kemana? Tapi sudah ada tadi yakni retail, tapi perlu juga diperhatikan industri makanan,” kata dia.

Sementara itu Sapli juga mengingatkan soal perubahan pola berfikir para pelaku usaha. Dia mencontohkan bantuan-bantuan yang selama ini telah disalurkan ke para pelaku usaha tapi tidak dapat dijaga keberlangsungannya serta parameter penerima yang masih membutuhkan seleksi yang lebih ketat.

“Yang menjadi persoalan adalah kelompok penerima bantuan, selama ini masih menyoal administratif. Sebaiknya juga menyangkut karakter kelompoknya, permasalahannya, setelah pemberian bantuan harus ada perubahan selama ini belum dimonitor, di evaluasi, ini yang perlu,” katanya.

Diketahui Dialog IWO yang berlangsung hingga larut malam ini turut dihadiri oleh Wali Kota Sibolga dan sejumlah SKPD diantaranya Kepala Bappeda, Kadis Koperasi, HIPMI, para nelayan dan mahasiswa. (Ril IWO/ss-sb)

Lihat Juga

Ket. Photo: Partai Nasdem Toba Samosir Jubel Tambunan didampingi Tonny Simanjuntak, Jojor Napitupulu dan rombongan 40 orang pengurus memasuki kantor KPU untuk mengajukan pendaftaran bacaleg, (maria)

KPU Tobasa Terima Pendaftar Pertama Partai Nasdem

Balige | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum(KPU)Toba Samosir(Tobasa) terima pendaftar pertama calon legislatif dari Partai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *