Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Adhyaksa Dault: Perkemahan Efektif Mengajarkan Pancasila Kepada Peserta Didik

Adhyaksa Dault: Perkemahan Efektif Mengajarkan Pancasila Kepada Peserta Didik

Jakarta | suarasumut.com  –  Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault berharap Pancasila lebih banyak diajarkan dalam kegiatan pendidikan di luar ruangan.

Menurutnya, salah satu kegiatan paling efektif dalam mengajarkan Pancasila adalah perkemahan yang diadakan Gerakan Pramuka, baik di Pusat, Daerah maupun Gugus Depan di sekolah-sekolah. Mantan Menpora ini mencontohkan pengamalan sila pertama Pancasila saat berkemah.

“Dalam perkemahan Pramuka, setiap peserta wajib menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya, bahkan disiapkan tempat dan pemuka agamanya masing-masing. Menjalankan ibadah di sekolah, di rumah itu biasa, namun di lapangan, di perkemahan dalam situasi darurat akan memberikan pendidikan tersendiri bagi peserta didik,” jelas Adhyaksa Dault di Jakarta, Minggu (1/1/2017).

Adhyaksa Dault menambahkan, dalam perkemahan apalagi tingkat nasional, semua peserta bertemu dengan semua agama, budaya, suku, bahasa di Indonesia. Jadi, tegas dia, kemanusiaan, persatuan, bhinneka tunggal ika, nilai-nilai keadilan langsung ditemukan sendiri oleh peserta didik di lapangan.

“Tahun 2016, kami adakan Jambore Nasional, pesertanya 25.000 Pramuka. Tahun 2017, kami selenggarakan Raimuna Nasional, pesertanya 15.000 Pramuka. Alhamdulillah semuanya sukses berkat dukungan semua pihak, peserta mendalami bhinneka tunggal ika dengan berbagai kegiatan lapangan. Alumnus-alumnus dari perkemahan inilah salah satu elemen perekat NKRI, sehingga ada yel-yel di lapangan, juga di medsos #PramukaPerekatNKRI,” tutup Adhyaksa Dault yang baru saja mengabadikan Pancasila di pegunungan Alpen, Eropa Barat.(pr/ss-jk)

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...