Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› 500 Hektar Lahan Siap Produksi Padi Kembali

500 Hektar Lahan Siap Produksi Padi Kembali

Sergai | suarasumut.com  –  Dalam rangka mendukung optimalisasi lahan persawahan untuk Daerah Irigasi (DI) Sei Parit seluas 510 Ha yang sebelumnya mengalami alih fungsi kekomoditi kelapa sawit, ubi kayu, jagung dan sebagainya,Selasa kemarin Bupati Serdang Bedagai (Sergai) mengoperasikan kembali DI Sei Parit yang berlokasi di Dusun Tapian Nauli Desa Sei Parit Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdangbedagai.

Daerah Irigasi Sei Parit yang dibangun sejak tahun 2015 lalu mengalami kerusakan akibat bencana alam sehingga tidak berfungsinya irigasi dan membuat alur sungai berpindah ke lahan masyarakat.Bendung ini merupakan bendung terbesar yang pada daerah irigasi kewenangan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

Melalui momen peresmian Daerah Irigasi (DI) Sei Parit ini Bupati Sergai mengajak seluruh masyarakat agar mengoptimalkan penggunaan lahan sawah dengan bercocok tanam padi sawah. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan daerah sendiri sekaligus sebagai penyuplai beras bagi provinsi Sumatera Utara (Sumut), Riau dan daerah lainnya. “Dengan diresmikan Daerah Irigasi Sei Parit, maka 500 hektar lebih lahan siap produksi kembali kita optimalisasi lahan sawah baru untuk Kabupaten Sergai,”ungkap Bupati.

Dalam kesempatan itu Wabup Darma Wijaya juga mengatakan, agar menjaga aliran air selalu lancar dan tidak terjadi pendangkalan-pendangkalan sungai dan irigasi. “Mari kita pelihara sumber-sumber air dengan tidak menanami tanggul-tanggul sungai dan irigasi serta jagalah kebersihan sungai dan saluran-saluran irigasi untuk anak cucu kita,”ucap Wabup.

Sementara Kadis PSDA Ir. Hj. Prihatinah, M.Si dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan peresmian Daerah Irigasi Sei Parit ini diawali dengan bergotong royong dan membuka saluran tersier baru dalam rangka mendukung optimalisasi lahan sawah diwilayah yang menjadi cakupan DI Sei Parit yaitu Desa Sei Parit, Desa Silau Rakyat, Dusun Betung/Penjemuran, Desa Sei Belutu dan Desa Gempolan, terang Prihatinah.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, perwakilan Forkopimda, Kepala SKPD dan Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Sei Rampah dan Sei Bamban beserta jajarannya, BPD dan LKMD, tokoh masyarakat, tokoh agama, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Kelompok Tani, Gapoktan dan masyarakat sekitar.(az/ss-sb)

Kata kunci terkait:
sambutan terima kasih pada lkmd

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...