Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› 5 % Dana BDB 2013 Labura Sudah Di RKUD, Tinggal Menunggu Penganggaran

5 % Dana BDB 2013 Labura Sudah Di RKUD, Tinggal Menunggu Penganggaran

Aek Kanopan, suarasumut.com – Sisa 5 % Dana Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Tahun Anggaran 2013 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara akan segera dibayarkan. Dana yang berjumlah sekitar 9, 4 Miliar tersebut kini sudah terparkir di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Labura.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Kas Daerah (PPKAD) Drs Faisal Irwan Dalimunthe kepada suarasumut.com saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (20/1).  “Dana itu sudah masuk ke kas daerah, dan masalah pembayarannya kita tinggal menunggu penganggarannya saja, agar bisa dibuat laporan realisasinya,” terang Faisal.

Faisal menjelaskan, penyebab keterlambatan pembayaran bantuan keuangan propinsi yang total keseluruhannya berjumlah Rp. 189.992.679.500,00 ini kemungkinan dikarenakan kemampuan keuangan Pemerintah Propinsi yang belum memungkinkan untuk melunasinya.

Hal ini pulalah yang diyakini menjadi penyebab berubahnya besaran dana yang dibayarkan pada tahap akhir. Seharusnya, pencairan dana ini sesuai dengan Peraturan Gubernur adalah 30 % di awal, disusul 40 %, dan terakhir 30 %. Namun yang terjadi adalah, 30 % di awal, 40 % tahap kedua, dan 25 % di pembayaran terakhir. Dengan demikian, Pempropsu masih tetap memiliki tunggakan pembayaran sebesar 5 %.

“Tinggal menunggu waktu saja, uang itu kan sudah di kas daerah, dan setelah penganggaran akan segera dibayarkan,” tutup Faisal.

Informasi diperoleh, untuk mengatasi permasalahan ini, Pempropsu pada tahun lalu juga telah menerbitkan surat edaran gubernur yang berisi himbauan kepada daerah yang memiliki kemampuan keuangan yang baik agar bersedia menalangi pembayaran dana tersebut, yang nantinya tetap akan diganti oleh Pempropsu. (rz/ss/lu)

Kata kunci terkait:
kepala dinas labura 2010

Lihat Juga

OPD Pemkab Labuhanbatu Laksanakan Bhakti Sosial Ke Panti Asuhan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang ke-72 Tahun ...