Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› 22 Desa Se Kabupaten Nias Terima Dana Bantuan Desa Tahap I

22 Desa Se Kabupaten Nias Terima Dana Bantuan Desa Tahap I

Nias, suarasumut.com — Sebanyak 22 desa yang ada di Kabupaten Nias menerima dana bantuan desa yang bersumber dari dan APBD KabupatenNias Tahun Anggaran 2015.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM bersama Wakil Bupati Nias ArosokhiWaruwu, SH, MH, di ruang Oval, Lantai III, Kantor Bupati Nias, Selasa (1/9).

Pada acara penyerahan dana bantuan desa yang dihadiri Sekda Kabupaten Nias Drs. F.Yanus Larosa, M.AP , Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Nias Maimun Zebua, BA dan Kepala BPMDK Kabupaten Nias Yulianus Zai, S.Sos, M.Si, Bupati Nias menyerahkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) secara simbolis kepada perwakilan 6 dari 22 desa penerima.

Dalam arahannya, Nias memberitahu, bantuan keuangan pemerintah kepada pemerintah desa Tahun 2015 ini, sumber dananya ada dua, dari bantuan keuangan yang bersumber dari APBN melalui Program Dana Desa sebesar Rp. 46.241.140.000 yang dibagi kepada 170 desa se Kabupaten Nias.

Kemudian bantuan keuangan yang bersumber dari APBD Kabupaten TA. 2015 dari program Tunjangan Pendapatan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD) sebesar Rp. 4.297.200.000 dan Dana Pemberdayaan Desa dan Kelurahan (DPDK) sebesar Rp. 4.250.000.000 yang dibagi kepada 170 desa se Kabupaten Nias.

Tahapan yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Nias dalam program dana desa di Kabupaten Nias adalah sosialisasi oleh Kementerian terkait, Bimtek yang dilaksanakan beberapa Kementerian dan diikuti pejabat maupun staf dari SKPD terkait, pelatihan teknis penyusunan produk hokum desa dan APBDes bagi Kepala Desa dan Sekretaris Desa seKabupatenNias.

yang amsih berjalan hingga saat ini adalah asistensi atau pendampingan bagi aparat desa dalam penyusunan APBDes oleh BPMDK KabupatenNias yang turut dibantu pelaku PNPM MP ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan, dan Verifikasi Dokumen oleh TIM Teknis di BPMDK Kabupaten Nias untuk memastikan Viliditas Data yang termuat dalam Peraturan Desa tentang PABDes.

Tidak lupa, pada kesempatan tersebut, Bupati Nias berpesan kepada seluruh aparat desa yang menerima bantuan dana desa tahap pertama, agar bantuan dana yang diterima benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan dan dana tahap pertama ini supaya segera dipertanggungjawabkan untuk dapat dilakukan pencairan tahapke II dan ke III.

Dia menambahkan, rencana kerja pemerintah (RKP) Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2016 telah memprioritaskan pelaksanaan program Alokasi Dana Desa (ADD) dengan menganggarkan pagu sebesar 5 % dari total dana transfer daerah.

Kemudian dia berharap, terkait dengan isu-isu yang terhembus di kalangan masyarakat dan pemerintah desa yang mengatakan TPAPD tidak akan dicairkan, isutersebut tidak berdasar.

Mekanisme pencairan TPAPD telah menyatu dengan APBDes itu sendiri, sehingga secara aturan tidak memungkinkan untuk dicairkan bila APBDes belum tersusun dengan baik dan benar.

Ada pun desa penerima dana bantuan desa yang telah memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku adalah Desa Saiwahili Hiliadulo, Kecamatan Idanogawo, ’o III Kecamatan Ma’u, ’o III Hilibadalu Kecamatan Ma’u, Desa Ehozakhozi, Kecamatan Hiliserangkai, Desa Lawa-lawa Luo Kecamatan Ulugawo dan Desa Baruzo Kecamatan Sogaeadu.

Desa FuloloLalai, Desa Lalai I/II, Desa Fadorolalai, Onombongi, Kecamatan Hiliserangkai, Desa Sisobalauru, Desa OmbolataSalo.o, Kecamatan Hiliduho, Desa Orahili Zuzundrao, Desa Mondrali, Kecamatan Idanogawo, Desa We’a We’a, Kecamatan Sogaeadu, Desa Umbu, Desa Hiliotalua, Desa Tulumbaho Salo’o, Kecamatan Gido, Desa Sihare’o III Bawosalo’o Berua, Kecamatan Ma’u, Desa Holi, Kecamatan Ulugawo, Desa Safaoroasi Kecamatan Somolo-molo dan Desa Hilihao Tugala, Kecamatan Bawolato.(ih/ss/ni)

Lihat Juga

Tokoh Lintas Agama Diajak Untuk Menjaga Kamtibmas

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Seluruh tokoh lintas agama yang ada di Kepulauan Nias diajak ikut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.