Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› 17 Unit Baterai Lampu Solar Cell Tebingtinggi Raib Dicuri

17 Unit Baterai Lampu Solar Cell Tebingtinggi Raib Dicuri

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Lampu penerang jalan umum kota Tebingtinggi dengan menggunakan lampu Solar Cell (Energy cahaya matahari) di 17 titik/tiang mulai jalan Sutomo sampai jalan Suprapto hilang raib dicuri orang. Dan sudah dilaporkan ke polisi namun sampai saat ini belum ditemukan tersangkanya.

Hal itu disampaikan Kadis DKP (Dinas Kebersihan dan Pertamanan) Kota Tebingtinggi Rusmiati St. melalui Kepala seksi Lampu penerang jalan Syahputra St. dikantornya, Senin tanggal 18 April 2016 kepada media.

Lebih lanjut beliau menjelaskan kejadian tersebut terjadi dan diketahui hilangnya baterai lampu solar cell dengan harga 17 buah Rp 160.184.500,- jenis baterai Gell –VRLA 150aH (12V-30A) warna hitam dengan berat 40kg/unit. Pada tanggal 11 maret 2016 jam 9.30 WIB ketika petugas DKP mengecek baterai lampu solar cell yang padam dimalam hari namun di box tempat baterai yang di cor beton dengan cara membukanya harus melalui menggeser tutup atas dengan beton cor yang bisa di gerakkan melalui 3 orang untuk mengambil baterai didalamnya. Baterai tersebut tidak ada lagi alias hilang dan seterusnya di cek sebanyak 17 tiang baterai tersebut tidak ada lagi.

Petugas DKP melaporkan ke Polres Kota Tebingtinggi dengan Nomor Polisi LP/109/III/2016/SPKT,TT tanggal 11 Maret 2016. Dari penelitian dilapangan melalui petugas lampu penerang jalan diperkirakan hilangnya 17 unit baterai tersebut dalam 3 tahap kurun waktu dibulan Maret 2016 namun baru ketahuan tanggal 11 Maret 2016. Perlu diketahui masa garansi baterai sampai tahun 2015 untuk lampu solar cell di jalan Sutomo dan Suprapto yang berjumlah 22 unit itu pengadaannya tepatnya tahun 2013 sementara pengadaan lampu solar cell ditahun 2014 dan 2015 sebanyak 18 unit lagi telah diamankan tempat baterainya dengan ditambah kunci gembok.

Pentingnya menjaga keamanan asset khususnya tentang lampu solar cell yang berada di Pemko Tebingtinggi saat ini yang berjumlah 40 unit yang terpasang dijalan A. Yani, jalan Sudirman , jalan Sutomo dan jalan Suprapto, Syahputra St. mengatakan kepada awak media, saat ini telah dilakukan pengamanan terhadap baterai lampu solar cell tersebut dan tentunya Dinas DKP sangat menyayangkan kejadian pencurian ini dan juga meminta agar aparat penegak hukum baik dari kepolisian maupun Satpol PP diminta lebih serius turut menjaga asset pemerintah kota Tebingtinggi. “Dan saya yakin ini criminal murni dan pelakunya pasti professional oleh karena itu Polres wajib secepatnya menangkap pelakunya termasuk actor intelektualnya,”tegasnya.

Tentang persediaan suku cadang untuk menerangi atau pun menghidupkan lampu solar cell di 17 tiang tersebut Syahputra St. menegaskan persediaan saat ini 3 buah sudah kita substitusikan ke 3 tiang dan selebih nya direncanakan biaya pembelian baterai untuk menghidupkan lampu solar cell direncanakan akan ditampung di PAPBD 2016.(ag/ss-tt)

Kata kunci terkait:
kasus kriminal lampu jalan tebing tinggi sumut, polres tebing tinggi berita baterai lampu jalan tanggal 18 -11-2016, tersangka baterai lampu jalan tebing tinggi

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...