Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› 15 Rumah Terbakar, Pemko Sibolga Beri Bantuan Untuk Para Korban

15 Rumah Terbakar, Pemko Sibolga Beri Bantuan Untuk Para Korban

Sibolga, suarasumut.com – Kebakaran terjadi di eks gudang PT.Pelindo Sibolga, gang Lapo Sona, Kelurahan Kota Beringin Kota Sibolga dan menghanguskan 15 rumah dan 2 unit sepeda motor. Dalam kejadian tidak ada korban jiwa ,namun ditaksir dari 19 kepala keluarga yang berjumlah 60 orang, seluruh harta benda tidak ada yang dapat terselamatkan.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Yasman selaku Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Sibolga tepatnya di depan kantor UPT Bina Marga Sibolga.

Pengakuan salah seorang korban yang ngekost disekitar tempat kejadian, Anita Sihombing mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 06:30 WIB, Sabtu (17/01). Ia harus merelakan seluruh harta miliknya hangus dilahap si jago merah, demi menyelamatkan dirinya dan temannya dari kobaran api.

Setelah kejadian, tak hentinya Anita menangis akibat ikutnya ijazah SLTA aslinya lenyap sudah terbakar. “Bukan hanya ijazah asli saya yang ikut terbakar tambah Anita, laptop serta uang kuliah dan uang belanja sebanyak 4 juta rupiah semuanya hilang. Padahal kalau tidak saya bayar uang kuliah saya saat ini kedua orang tua saya sedang mengalami sakit dikampung pulau Nias, keluarga dari bapak saya jauh dari sini tempatnya ada Pakkat, handphone saya juga ikut terbakar, no hp mereka aku tidak hafal,”isak Anita mahasiswi KUALITI dari STKIP semester Lima tersebut.

Di tempat yang sama sekitar pukul 13:00 WIB Kadinsosnakertras mengungkapkan,”kami dari pemko saat ini, akan memberi bantuan terhadap korban berupa uang tali asih sebesar 1 juta rupiah per KK, beras 1 karung, indomie 1 kardus, minuman 1 kardus serta telor 1 papan. Dan ada juga dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) berupa makanan tambahan gizi 10 kardus dengan 120 paket,makanan siap saji 10 kardus dengan 120 paket,air minum serta genset saat ini telah kami siapkan,”terang Yasman.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk didampingi istri Ny.Syarfi Delmeria Hutauruk yang juga merupakan anggota DPRD SU mendatangi tenda Posko. Walikota menyampaikan rasa prihatin yang mendalam terhadap korban yang mengalami musibah. ”Selaku kita umat beragama itu semua telah di tentukan oleh Yang Maha Kuasa,” jelas Syarfi.

“Tadi saya dengar dari beberapa lapisan masyarakat agak terlambat pemberitahuannya terhadap pemadam kebakaran ditambah lagi akibat padat nya orang yang berbondong mengerumuni tempat tersebut, sehingga petugas pemadam agak sulit memasuki gang untuk memadamkan api, bahkan saya juga ikut bergerak kelapangan walaupun saya agak sedikit basah dari siraman water canon pemadam ,”ungkap Walikota lirih.

Syarfi menambahkan, “rumah yang di lahap sijago merah tersebut juga merupakanmilik pelabuhan PT.PELINDO, kami akan segera berdiskusi dengan pihak PT.PELINDO jika lahannya tersebut nanti sesuai dengan perundingan, diserahkan terhadap Pemko dan selanjutnya kita musawarahkan terhadap warga ,maka kami akan membangun rumah tersebut yaa…seperti RUSUNAWA lah,”tutup Walikota. (ph/ss/sb)

Lihat Juga

Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu Diikuti 430 Riders Roda 2 Dan 70 Off Roader

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Event bergengsi “Ika Bina En Pabolo Adventure 1 Labuhanbatu” yang dilaksanakan ...