Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› 136 Peserta Ikuti Lomba Kreativitas Guru PAUD Se-Sergai

136 Peserta Ikuti Lomba Kreativitas Guru PAUD Se-Sergai

Sergai | suarasumut.com  –  Sebanyak 136 peserta dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti lomba kreativitas guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),Kamis (20/10) di aula Sultan Serdang komplek Kantor Bupati di Sei Rampah yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya.

Acara tersebut turut dihadiri Bunda PAUD Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Drg. Khairani Hadi Winarno, Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM, pengurus forum PAUD Kecamatan, para guru peserta lomba dan undangan lainnya.

Wabup Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan kualitas PAUD ini merupakan pendidikan yang amat mendasar dan strategis, karena masa usia dini sebagai peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk selanjutnya diperlukan pembinaan sejak dini agar anak didik nantinya menjadi anak yang cerdas dan taqwa serta mampu bersosialisasi mengikuti pendidikan lanjutannya, sehingga “lost Generation” atau generasi yang hilang dapat terhindarkan.

“Keberadaan Kelompok Bermain PAUD di Sergai telah memberikan upaya terhadap pengentasan kemiskinan dibidang pendidikan. Oleh karenanya diharapkan forum PAUD ini dapat terus berkoordinasi dengan SKPD terkait melalui Ketua TP PKK baik dari Kabupaten hingga ke desa-desa sebagai salah satu motor penggerak pembangunan di desa tersebut. Dengan Demikian dihimbau kepada SKPD terkait agar terus dapat membantu pelaksanaan program PAUD ini agar benar-benar berhasil sesuai yang diharapkan,” ujar Wabup Sergai.

Sebelumnya Ketua TP PKK yang juga sebagai Bunda PAUD Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman mengemukakan sampai pada Tahun Anggaran (TA) 2016 telah terbentuk 80 Kelompok Bermain PAUD Terpadu (KBPT) dengan jumlah anak didik ± 2615 orang. Untuk tahun berikutnya akan terus diprogramkan pembentukan KBPT yang ada di Desa dengan tujuan agar semua anak usia 0-6 tahun memperoleh kesempatan untuk mengikuti PAUD.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan diseluruh KBPT disetiap kelompoknya berlangsng baik. Dan dari pernyataan orang tua anak didik bahwa KBPT ini sangat bermanfaat bagi mereka,karena dapat terdidiknya anak-anak mereka di kelompok tersebut,”kata Bunda PAUD Sergai.

Sementara itu Ny. Rosmaida Darma Wijaya selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan melaporkan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada guru agar kelangsungan kelompok bermain ini benar-benar dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan kreativitas guru dalam upaya meningkatkan kualitas guru itu sendiri sebagai tenaga pendidik di kelompok bermainnya.

“Peserta yang mengikuti perlombaan terdiri dari lomba teknik mengajar 17 orang, lomba cipta Alat Permainan Edukatif (APE) 34 orang, lomba cipta gerak dan lagu sebanyak 85 orang. Perlombaan ini juga melibatkan Tim Juri yang berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai, Kantor Lingkungan Hidup dan Forum PAUD Sergai,”jelas Ny. Rosmaida.

Dari hasil supervisi dan evaluasi Tim Forum PAUD Kabupaten Sergai terhadap 80 KBPT di 17 Kecamatan yang meraih juara I dari Kecamatan Sei Bamban Desa Bakaran Batu KBPT Cenderawasih, Juara II Kecamatan Dolok Merawan Desa Korajim KBPT Ananda, Juara III Kecamatan Bandar Khalipah Desa Bandar Tengah KBPT Melur, Juara Harapan I Kecamatan Tanjung Beringin Desa Pekan Tanjung Beringin KBPT Bunga Tanjung, Harapan II Kecamatan Pantai Cermin Desa Naga Kisar KBPT Kita Jaya dan Harapan III Kecamatan Tebingtinggi Desa Kuta Baru KBPT Ananda.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...